Pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negri
Jakarta merupakan, salah satu jenis pelayanan perpustakaan yang cukup banyak
dimanfaatkan oleh mahasiswa namun demikian menunjukkan adanya kegiatan
sirkulasi di perpustakaan. Walaupun ada penurunan dalam pelayanan sirkulasi
tersebut namun hal itu belum tentu menunjukkan kualitas pelayanan yang
diberikan tidak baik atau kurang maksimal.
Menurut Sulistyo-Basuki pemakai perpustakaan adalah orang yang ditemuinya
ketika orang tersebut memerlukan dokumen primer atau menghendaki penelusuran bibliografi.[5]
Yang dimaksud dengan pemakai di sini adalah mahasiswa karena sebagai pemakai
utama pelayanan Perpustakaan, sedangkan unsur pemakai yang lain seperti dosen
dan karyawan sangat sedikit yang menggunakan jasa pelayanan perpustakaan.
B.
Pembatasan dan Perumusan masalah
1. Pembatasan Masalah
Untuk memperjelas
sasaran yanag akan dicapai melalui penelitian yang sesuai dengan masalah yang
telah dikemukakan diatas, maka penulis memberikan
batasan sebagai berikut :
a.
Penelitian dilaksananakan pada mahasiswa aktif
jurusan ilmu perpustakaan yang masih menggunakan layanan perpustakaan Fakultas Adab.
b.
Masalah yang diteliti adalah bagaimana Persepsi
Mahsiswa Aktif Jurusan Ilmu Perpustakaan Terhadap Pelayanan Sirkulasi Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam
Negeri Jakarta.
2. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka
permasalahan yang dapat dirumuskan
penulis adalah sebagai berikut :
a. Apakah Perpustakaan Fakultas Adab
Universitas Islam Negeri Jakarta sudah dapat melayani pengunjung dengan baik
dalam penemuan kembali dokumen di perpustakaan ?
b. Apakah pelayanan sirkulasi pada
Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negeri Jakarta sudah memadai bagi pengunjung
perpustakaan pada saat ini?
c. Bagaimana persepsi mahasiswa aktif jurusan ilmu
perpustakaan terhadap pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Fakultas Adab Universitas
Islam Negeri Jakarta selama ini?
C. Tujuan dan
Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Untuk memperjelas sasaran yang akan dicapai
melalui penelitian sesuai dengan
masalah yang telah dikemukakan di atas, maka tujuan penelitian ini adalah :
a.
Untuk
mengetahui apakah pelayanan sirkulasi diperpustakaan Fakulatas Adab Universitas
Islam Negeri sudah memadai bagi pengunjung perpustakaan saat ini
b.
Untuk
mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa aktif jurusan ilmu perpustakaan terhadap
pelayanan sirkulasi di perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negeri.
2. Manfaat Penelitian
Sebuah
penelitian yang dilakukan diharapkan bisa memberikan manfaat baik bagi lembaga
tempat penelitian, bagi kelompok masyarakat yang lebih luas, maupun bagi peneliti.
Adapun penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat sebagai berikut :
- Memberi masukan bagi pengelola/manajemen
Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negri Jakarta untuk lebih
meningkatkan kualitas pelayanan sirkulasi dan diharapkan juga dapat digunakan
sebagai bahan evaluasi untuk menentukan arah pengembangan yang lebih baik
bagi Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negri Jakarta
- Dapat memberikan sumbangan atau
kontribusi bagi perkembangan Ilmu Perpustakaan dan Informasi
- Penelitian ini dipergunakan untuk
menambah wawasan penulis serta sebagai syarat untuk mencapai gelar
kesarjanaan dalam bidang ilmu perpustakaan.
E. Metodologi Penelitian
1 Jenis penelitian
Dalam penelitian ini penulis menggunakan
penelitian deskriptif kuantitatif. sebagaimana menurut Sugiono, penelitian
deskriptif dilakukan terhadap terhadap Variabel mandiri, yaitu tanpa membuat
perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain.[6]
Menurut Azwar, penelitian deskriptif bertujuan menggambarkan secara sistematis
dan akurat fakta dan krakteristik mengenai populasi atau mengenai bidang
tertentu.[7]
2.
Populasi dan Sampling
Populasi adalah seluruhan subyek
penelitian, sedangkan sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti.[8]
Sebagai populasi dari penelitian ini adalah
Mahasiswa Aktif Tahun 2006-2009 Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab Universitas
Islam Negeri Jakarta yang berjumlah 207 orang, alasan dari pengambilan populasi
mahasiwa aktif jurusan ilmu perpustakaan karena penulis mengamati bahwa
mahasiswa aktif jurusan ilmu perpustakaan, merupakan mahasiswa yang tahu
tentang permasalahan-permasalahan perpustakaan karna mereka telah dibekali
materi-materi tentang ilmu perpustakaan. Sedangkan pengambilan sampelnya
penulis mengambil 15% dari populasi. Hal ini berdasarkan pendapat Arikunto yang
menyatakan bahwa sekedar perkiraan maka apabila subyek lebih dari 100 orang
dapat diambil antara 10-15% atau antara 20-25%.[9]
Dengan demikian jumlah sampel yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini
adalah 32 orang .
Sampel
yang digunakan adalah sampel secara tidak acak (Purposive Sampel). Dalam
hal ini sampel yang dipilih berdasarkan pertimbangan tetentu, sedangkan
pertimbangan tersebut harus berdasarkan tujuan penelitian. Cara pengambilan
sampel ini ialah kita memilih grup dari populasi sedemikian rupa sehingga
sampel yang dipilih mempunyai sifat yang sesuai dengan sifat-sifat populasi.
Jadi dalam hal ini kita harus mengetahui terlebih dahulu sifat-sifat populasi
tersebut dan sampel akan ditarik diusahakan mempunyai sifat-sifat populasi
tersebut[10].
2.Teknik Pengumpulan Data
Untuk mengumpulkan data yang relevan dalam kaitannya dengan kebutuhan penelitian,
maka penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, angket dan
studi literatur.
1. Observasi adalah pengumpulan data dengan
cara mengamati langsung dan mencatat dengan sistematis tentang fenomena-fenomena
yang diselidiki,[11]
penulis dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi aktif yaitu terlibat langsung
dalam obyek yang diteliti.
2. Wawancara (interview), yaitu metode
pengumpulan data dengan jalan tanya jawab sepihak yang dikerjakan dengan
sistematik dan berlandaskan kepada tujuan penelitian. Pada umumnya dua orang
atau lebih secara fisik dalam proses tanya jawab itu, dan masing-masing pihak
dapat menggunakan saluran-saluran komunikasi secara wajar dan lancar.[12]
Jenis wawancara yang peneliti gunakan adalah wawancara bebas artinya penulis
hanya mempersiapkan pokok masalah yang akan ditanyakan tanpa menyusun
pertanyaan-pertanyaan secara detail.
3. Angket adalah suatu alat pengumpul
informasi dengan cara menyampaikan sejumlah pertanyaan tertulis untuk dijawab
secara tertulis pula.[13]
Dengan demikian angket adalah memberikan daftar pertanyaan tertulis kepada
subyek penelitian, diantaranya untuk mengungkap data-data yang berkaitan
tanggapan mahasisawa terhadap layanan sirkulasi. Angket ini ditujukan kepada
anggota populasi yang telah dijadikan sebagai sampel penelitian.[14]
4. Studi literatur dilakukan dengan
mengumpulkan data-data dan informasi dari bahan-bahan bacaan dan bahan-bahan
lainnya yang menunjang penelitian.
Teknik
Analisis Data
Analisis data dilakukan secara deskriptif. Analisis deskriptif bertujuan memberikan
deskripsi mengenai subyek penelitian berdasarkan data dari variabel yang
diperoleh dari kelompok subyek yang diteliti dan tidak dimaksudkan untuk pengujian
hipotesis. Penyajian hasil analisis deskriptif berupa frekuensi dan prosentase,
tabulasi silang serta beberapa bentuk grafik dan chart pada data yang bersifat
kategorikal, serta statistik kelompok (meens and varians) pada data yang
bukan kategorik.[15]
Dasar pedoman analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kuantitatif
dengan analisa prosentase. rumus prosentase yang digunakan adalah sebagai
berikut :
P = f x100%
N
Keterangan :
f : frekuensi
yang sedang dicari prosentasenya
N : jumlah
keseluruhan
P : angka
prosentase[16]
1.5.
Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan akan menguraikan secara sistematis dalam lima bab,
yaitu :
Bab I : Pendahuluan.
Pendahuluan skripsi ini memuat latar belakang masalah, rumusan masalah,
tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika penulisan. Latar belakang menguraikan secara
umum perlunya penelitian ini dilakukan, apa yang akan diteliti dan alasan
pemilihan obyek penelitian. Hal yang akan dibahas dalam bab ini adalah rumusan
masalah yang merupakan bentuk pertanyaan yang akan dibahas dan dicari
jawabannya melalui penelitian ini. Rumusan masalah ini mencerminkan inti dari apa yang akan dihasilkan dari penelitian ini secara akademis maupun praktis.
Bab II Menguraikan tinjauan pustaka dan landasan
teori
Tinjauan
pustaka memuat beberapa penelitian yang relevan dengan persepsi mahasiswa
terhadap kualitas pelayanan sirkulasi yang pernah dilakukan sebelumnya,
sedangkan landasan teori merupakan teori-teori yang berkaitan dengan persepsi mahasiswa
terhadap kualitas pelayanan sirkulasi yang akan dipakai untuk menganalisis data
hasil penelitian.
Bab III Gambaran umum perpustakaan Fakultas Adab
Merupakan
bagian inti penelitian yang menguraikan gambaran umum tentang pelayanan
sirkulasi di Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negri Jakarta dan analisis data dan pembahasan.
Bab IV Membahas metode penelitian yang digunakan
dalam skripsi
Dalam bab ini diuraikan tentang subyek dan obyek penelitian, jenis
penelitian, variabel penelitian, metode pengumpulan data, populasi dan sampel
serta metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini.
Bab V Penutup dan saran
Berisi kesimpulan dari penelitian yang dilakukan dan menguraikan
saran-saran untuk pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Pakultas Adab Universitas
Islam Negri Jakarta yang diuraikan berdasarkan hasil analisis data yang telah
dilakukan.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta, 2003
Arikunto,
Suharsimi. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta :
Rineka
Anas, Sudijono. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo
Persada, 2001
Azwar, Saifudin. Metode Penelitian. Jakarta
: PT Cipta Adi Pustaka, 1997
Azwar, Saifudin. Metode Penelitian. Jakarta : PT Cipta
Adi Pustaka, 1997 Cipta, 1992
Hadi, Sutrisno.
Metodologi Research Jilid II. Yogyakarta : Andi Ofifset, 1992
Martoatmodjo,
Karmidi. Pelayanan Bahan Pustaka. Jakarta : Universitas Terbuka,
1999
Martoatmojo,
Karmidi. Manajemen Perpustakaan Khusus. Jakarta : Universitas Terbuka,
1998
Qulyubi,
Sihabuddin dkk. Dasar-dasar Ilmu
Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta :
Jurusan Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Fakultas Adab Universitas Islam
Negri Sunan Kalijaga, 2003
Sugiyono.
Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta, 1993
Sulistyo
Basuki. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama,
1992
[1] Sulistyo Basuki. Pengantar Ilmu
Perpustakaan (Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 1992), hal. 257
[2] Martoatmojo, Karmidi. Manajemen
Perpustakaan Khusus (Jakarta : Universitas Terbuka, 1998), hal. 43
[3] Qulyubi, Sihabuddin dkk. Dasar-dasar Ilmu
Perpustakaan dan Informasi (Yogyakarta : Jurusan Ilmu Perpustakaan Dan
Informasi Fakultas Adab Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga, 2003), hal. 221
[4] Martoatmodjo, Karmidi. Pelayanan
Bahan Pustaka (Jakarta : Universitas Terbuka, 1999), hal. 37
[5] Sulistyo Basuki. Periodasi
perpustakaan Indonesia (Bandung : Remaja Rosda Karya,1994), hal. 199
[6] Sugiyono. Metode Penelitian
Administrasi (Bandung : Alfabeta, 1993), hal. 5
[7] Azwar, Saifudin. Metode Penelitian
(Jakarta : Cipta Adi Pustaka, 1997), hal. 7
[8]
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan praktek (Jakarta :
Rineka Cipta, 1992), hal. 109
[9]
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan praktek (Jakarta :
Rineka Cipta, 1998), hal. 120
[10]
Masri Singarimbun Metode Penelitian Survei, (Jakarta: LP3ES, 1985) hal
122
[11] Hadi, Sutrisno. Metodologi Research
Jilid II (Yogyakarta : Andi Ofifset, 1992), hal. 136
[12] I
bid
[13] Hadi, Sutrisno. Metodologi Research Jilid
II (Yogyakarta : Andi Ofifset, 1992), hal. 137
[14] Arikunto, Suharsimi. Manajemen
Penelitian (Jakarta : Rineka Cipta,
2003), hal. 128
[15] Azwar, Saifudin. Metode Penelitian
(Jakarta : PT Cipta Adi Pustaka, 1997), hal. 126
[16] Anas,
Sudijono. Pengantar Statistik Pendidikan (Jakarta
: Raja Grafindo Persada, 2001), hal. 40
Perkembangan dunia ilmu perpustakaan
4/
5
Oleh
Unknown