PEMOTIVASIAN
1. DEFINISI MOTIVASI
Dorongan yang bersifat internal atau eksternal pada diri individu yang menimbulkan antusiasme dan ketekunan untuk mengejar tujuan spesifik (Daft, 1999).
Dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau sadar untuk melaksanakan acara untuk tujuan tertentu.
2. DEFINISI PEMOTIVASIAN
Tiap manajer dapat menggunakan teknik motivasi untuk mendorong bawahan biar tergerak memberi respons dan melaksanakan acara sesuai yang diinginkan oleh manajer. Kemampuan motivasi ini harus dimiliki oleh tiap manajer organisasi. Hal penting dalam keberhasilan pemotivasian ialah jikalau manajer bisa mengenali motivasi setiap pegawai. Sebab setiap orang memiliki motivasi yang berbeda-beda.
3. PROSES MOTIVASI
Proses motivasional menunjukkan adanya kebutuhan individu yang tidak terpuaskan yang menjadikan ia mengalami situasi tidak menyenangkan, yang mendorong individu untuk memenuhinya dan untuk itu beliau melaksanakan perjuangan pemenuhan kebutuhan yang belum terpuaskan tadi.
Contoh :
Misal seorang pegawai di sebuah perusahaan mempunyai kendaraan berupa sepeda, tetapi beliau ingin mempunyai kendaraan bermotor, tetapi uang/gaji yang didapatkan kurang menunjang untuk kredit. Karena dorongan kebutuhan itu beliau berusaha biar mendapat uang tambahan misalnya dengan cara lembur, sehingga kebutuhannya dapat tercapai/terpenuhi.
4. PENTINGNYA MOTIVASI
Motivasi penting karena dapat digunakan sebagai taktik untuk meningkatkan kinerja karyawan. Motivasi positif terjadi bila orang memberi tanggapan untuk satu permintaan, tetapi motivasi mati apabila orang dipaksa untuk melepaskan satu keinginan.
Pengalaman menunjukkan bahwa pemimpin tim (Team Leader) dapat membantu anggota tim (Team member) dengan menunjukkan motivasi berupa: pengakuan, tanggung jawab dan kerja yang menantang.
Tanda-tanda motivasi di antaranya:
Kinerja tinggi, konsistensi mencapai hasil, antusiasme atau semangat besar, dan lain-lain.
Sebaliknya tanda-tanda kurangnya motivasi:
Apatis dan kelalaian untuk bekerja, buruk pelaporan, kurang kooperatif.
Memotivasi dapat dilakukan dengan aneka macam cara menyerupai paksaan dan hukuman, imbalan penghargaan atau pujian, menciptakan kompetisi.
5. TEORI MOTIVASI
A.TEORI HIERARKI KEBUTUHAN DARI ABRAHAM MASLOW (1943-1970)
Teori ini menekankan bahwa insan terdorong untuk melaksanakan perjuangan untuk memuaskan lima kebutuhan dasar yang belum terpuaskan yang melekat pada diri insan itu sendiri.
•Kebutuhan fisiologis ialah kebutuhan-kebutuhan utama atau dasar dan esensial yang harus dipenuhi oleh tiap insan sebagai makhluk (rasa lapar, rasa haus, tidur dan sebagainya). Kadang-kadang ini disebut kebutuhan biological needs dalam lingkungan kerja modern.
•Kebutuhan rasa aman (merasa aman dan terlindung, jauh dari bahaya)
•Kebutuhan akan rasa cinta dan rasa memiliki (berafiliasi dengan orang lain, diterima, memiliki)
•Kebutuhan akan penghargaan/pengakuan (berprestasi, berkompetensi, dan mendapatkan tunjangan serta pengakuan)
•Kebutuhan aktualisasi diri (kebutuhan kognitif: mengetahui, memahami, dan menjelajahi; kebutuhan estetik: keserasian, keteraturan, dan keindahan; kebutuhan aktualisasi diri: mendapatkan kepuasan diri dan menyadari potensinya)
Maslow mengatakan bahwa lima kebutuhan tersebut tersusun hierarkis dari tingkat yang sangat dasar sampai tingkat yang sangat yang tinggi. Kaprikornus , jikalau kebutuhan tingkat dasar sudah terpenuhi barulah seseorang akan memenuhi kebutuhan pada tingkat di atasnya.
Bila makanan dan rasa aman sulit diperoleh, pemenuhan kebutuhan tersebut akan mendominasi tindakan seseorang dan motif-motif yang lebih tinggi akan menjadi kurang signifikan.
Karya seni dan karya ilmiah tidak akan tumbuh subur dalam masyarakat yang anggotanya masih harus susah payah mencari makan, perlindungan, dan rasa aman.
B.TEORI CLYTON ALDERFER (TEORI “ERG)
Teori Alderfer dikenal dengan abreviasi “ERG” . Akronim “ERG” dalam teori Alderfer merupakan huruf-huruf pertama dari tiga istilah yaitu : E = Existence (kebutuhan akan eksistensi), R = Relatedness (kebutuhan untuk berhubungan dengan pihak lain, dan G = Growth (kebutuhan akan pertumbuhan)
•Kebutuhan untuk tetap keberadaan merupakan penyederhanaan dari kebutuhan fisiologis dan kebutuhan rasa aman dalam teori Maslow.
•Kebutuhan berhubungan merupakan kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain. Kebutuhan ini identik dengan kebutuhan sosial dan legalisasi dalam tipologi Maslow.
•Akhirnya kebutuhan berkembang merupakan kebutuhan pengembangan diri yang identik dengan kebutuhan aktualisasi diri dari Maslow.
Apabila teori Alderfer disimak lebih lanjut akan tampak bahwa :
•Makin tidak terpenuhinya suatu kebutuhan tertentu, makin besar pula keinginan untuk memuaskannya;
•Kuatnya keinginan memuaskan kebutuhan yang “lebih tinggi” semakin besar apabila kebutuhan yang lebih rendah telah dipuaskan;
•Sebaliknya, semakin sulit memuaskan kebutuhan yang tingkatnya lebih tinggi, semakin besar keinginan untuk memuasakan kebutuhan yang lebih mendasar.
Tampaknya pandangan ini didasarkan kepada sifat pragmatisme oleh manusia. Artinya, karena menyadari keterbatasannya, seseorang dapat beradaptasi pada kondisi obyektif yang dihadapinya dengan antara lain memusatkan perhatiannya kepada hal-hal yang mungkin dicapainya.
C.TEORI KEBUTUHAN BERBASIS MOTIVASI MCCLELLAND
David McClelland (Robbins, 2001 : 173) dalam teorinya Mc.Clelland’s Achievment Motivation Theory atau teori motivasi prestasi McClelland juga digunakan untuk mendukung hipotesa yang akan dikemukakan dalam penelitian ini. Dalam teorinya McClelland mengemukakan bahwa individu mempunyai cadangan energi potensial, bagaimana energi ini dilepaskan dan dikembangkan tergantung pada kekuatan atau dorongan motivasi individu dan situasi serta peluang yang tersedia.
Teori ini memfokuskan pada tiga kebutuhan yaitu kebutuhan akan prestasi (achiefment), kebutuhan kekuasaan (power), dan kebutuhan afiliasi (affiliation).
Model motivasi ini ditemukan di aneka macam organisasi, baik staf maupun manajer. Beberapa karyawan memiliki karakter yang merupakan perpaduan dari model motivasi tersebut.
Kebutuhan berprestasi (need of achievement: n Ach)
Ditandai dorongan dari individu untuk memperoleh kesuksesan yang maksimal. (suka tantangan, ingin prestasi yang tinggi dan semangat bersaing).
Kebutuhan kekuasaan (need of power: n Pow)
Ditandai dengan keinginan individu untuk memegang kendali atas orang lain, mensugesti sekaligus menguasai kehidupan orang lain.
Ex:selalu ingin menguasai forum diskusi, jadi pemimpinan.
Kebutuhan afiliansi (need of affilliation: n Aff)
Berkaitan dengan kebutuhan individu untuk menjalin relasi sosial secara harmonis dengan orang lain dan berusaha diterima oleh lingkungan sosialnya.
Ex:perhatian, persahabatan, kasih sayang
a.Kebutuhan akan prestasi (n-ACH)
Kebutuhan akan prestasi merupakan dorongan untuk mengungguli, berprestasi sehubungan dengan seperangkat standar, bergulat untuk sukses. Kebutuhan ini pada hierarki Maslow terletak antara kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan akan aktualisasi diri. Ciri-ciri individu yang menunjukkan orientasi tinggi antara lain bersedia mendapatkan risiko yang relatif tinggi, keinginan untuk mendapatkan umpan balik wacana hasil kerja mereka, keinginan mendapatkan tanggung jawab pemecahan masalah.
n-ACH ialah motivasi untuk berprestasi , karena itu karyawan akan berusaha mencapai prestasi tertingginya, pencapaian tujuan tersebut bersifat realistis tetapi menantang, dan kemajuan dalam pekerjaan. Karyawan perlu mendapat umpan balik dari lingkungannya sebagai bentuk legalisasi terhadap prestasinya tersebut.
b.Kebutuhan akan kekuasaan (n-pow)
Kebutuhan akan kekuasaan ialah kebutuhan untuk membuat orang lain berperilaku dalam suatu cara di mana orang-orang itu tanpa dipaksa tidak akan berperilaku demikian atau suatu bentuk mulut dari individu untuk mengendalikan dan mensugesti orang lain. Kebutuhan ini pada teori Maslow terletak antara kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri. McClelland menyatakan bahwa kebutuhan akan kekuasaan sangat berhubungan dengan kebutuhan untuk mencapai suatu posisi kepemimpinan.
n-pow ialah motivasi terhadap kekuasaan. Karyawan memiliki motivasi untuk besar lengan berkuasa terhadap lingkungannya, memiliki karakter kuat untuk memimpin dan memiliki ide-ide untuk menang. Ada juga motivasi untuk peningkatan status dan prestise pribadi.
c.Kebutuhan untuk bekerjasama atau bersahabat (n-affil)
Kebutuhan akan Afiliasi ialah hasrat untuk berhubungan antar pribadi yang ramah dan akrab. Individu merefleksikan keinginan untuk mempunyai relasi yang erat, kooperatif dan penuh sikap persahabatan dengan pihak lain. Individu yang mempunyai kebutuhan afiliasi yang tinggi umumnya berhasil dalam pekerjaan yang memerlukan interaksi sosial yang tinggi.
McClelland mengatakan bahwa kebanyakan orang memiliki kombinasi karakteristik tersebut, jadinya akan mensugesti perilaku karyawan dalam bekerja atau mengelola organisasi.
Karakteristik dan sikap motivasi prestasi ala Mcclelland:
a.Pencapaian ialah lebih penting daripada materi.
b.Mencapai tujuan atau peran menunjukkan kepuasan pribadi yang lebih besar daripada mendapatkan kebanggaan atau pengakuan.
c.Umpan balik sangat penting, karena merupakan ukuran sukses (umpan balik yang diandalkan, kuantitatif dan faktual).
Penelitian David Mcclelland
Penelitian McClelland terhadap para usahawan menunjukkan bukti yang lebih bermakna mengenai motivasi berprestasi dibanding kelompok yang berasal dari pekerjaan lain. Artinya para usahawan mempunyai n-ach yang lebih tinggi dibanding dari profesi lain.
Kewirausahaan ialah merupakan kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang sukses (Suryana, 2006). Kreativitas ialah kemampuan membuatkan pandangan gres dan cara-cara gres dalam memecahkan problem dan menemukan peluang (Suryana, 2006). Inovasi ialah kemampuan menerapkan kreativitas dalam rangka memecahkan problem dan menemukan peluang (Suryana, 2006). Ciri-ciri pokok peranan kewirausahaan (McClelland, 1961 dalam Suyanto, 1987) meliputi Perilaku kewirausahaan, yang mencakup memikul risiko yang tidak terlalu besar sebagai suatu jawaban dari keahlian dan bukan karena kebetulan, acara yang penuh semangat dan/atau yang berdaya cipta, tanggung jawab pribadi, serta pengetahuan wacana hasil-hasil keputusan; uang sebagai ukuran atas hasil.
Ciri lainnya, minat terhadap pekerjaan kewirausahaan sebagai suatu jawaban dari martabat dan ‘sikap berisiko’ mereka. Seorang wirausaha ialah risk taker. Risk taker dimaksudkan bahwa seorang wirausaha dalam membuat keputusan perlu menghitung risiko yang akan ditanggungnya. Peranan ini dijalankan karena beliau membuat keputusan dalam keadaan tidak pasti. Wirausaha mengambil risiko yang moderat, tidak terlalu tinggi (seperti penjudi), juga tidak terlalu rendah menyerupai orang yang pasif (Hanafi, 2003). Dari hasil penelitiannya, McClelland (1961) menyatakan bahwa dalam keadaan yang mengandung risiko yang tak terlalu besar, kinerja wirausaha akan lebih tergantung pada keahlian- atau pada prestasi - dibanding pekerjaan lain.
Seorang wirausaha untuk melaksanakan inovasi atau pembaharuan perlu semangat dan aktif. Mereka bisa bekerja dalam waktu yang panjang, misal 70 jam sampai 80 jam per Minggu. Bukan lama waktu yang penting, namun karena semangatnya mereka tahan bekerja dalam waktu yang panjang. Bagi individu yang memiliki n-ach tinggi tidak begitu tertarik pada legalisasi masyarakat atas sukses mereka, akan tetapi mereka benar-benar memerlukan suatu cara untuk mengukur seberapa baik yang telah dilakukan.
Dari penelitiannya, McClelland menyimpulkan bahwa kepuasan prestasi berasal dari pengambilan prakarsa untuk bertindak sehingga sukses, dan bukannya dari legalisasi umum terhadap prestasi pribadi. Selain itu juga diperoleh kesimpulan bahwa orang yang memiliki n-ach tinggi tidak begitu terpengaruh oleh imbalan uang, mereka tertarik pada prestasi. Standar untuk mengukur sukses bagi wirausaha ialah jelas, misal laba, besarnya pangsa pasar atau laju pertumbuhan penjualan.
D.Teori Dua Faktor (Frederick Herzberg)
Frederick Herzberg (1923-2000), ialah spesialis psikolog klinis dan dianggap sebagai salah satu pemikir besar dalam bidang manajemen dan teori motivasi. Frederick I Herzberg dilahirkan di Massachusetts pada 18 April 1923. Sejak sarjana telah bekerja di City College of New York. Lalu tahun 1972, menjadi Profesor Manajemen di Universitas Utah College of Business. Hezberg meninggal di Salt Lake City, 18 Januari 2000.
Teori Dua Faktor Hezberg
Frederick Herzberg (Hasibuan, 1990 : 177) mengemukakan teori motivasi berdasar teori dua faktor yaitu faktor higiene dan motivator. Dia membagi kebutuhan Maslow menjadi dua adegan yaitu kebutuhan tingkat rendah (fisik, rasa aman, dan sosial) dan kebutuhan tingkat tinggi (prestise dan aktualisasi diri) serta mengemukakan bahwa cara terbaik untuk memotivasi individu ialah dengan memenuhi kebutuhan tingkat tingginya.
Menurut Hezberg, faktor-faktor menyerupai kebijakan, manajemen perusahaan, dan gaji yang memadai dalam suatu pekerjaan akan menentramkan karyawan. Bila faktor-faktor ini tidak memadai maka orang-orang tidak akan terpuaskan (Robbins,2001:170).
Menurut hasil penelitian Herzberg ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam memotivasi bawahan (Hasibuan, 1990 : 176) yaitu :
a.Hal-hal yang mendorong karyawan ialah pekerjaan yang menantang yang mencakup perasaan berprestasi, bertanggung jawab, kemajuan, dapat menikmati pekerjaan itu sendiri dan adanya legalisasi atas semua itu.
b.Hal-hal yang mengecewakan karyawan ialah terutama pada faktor yang bersifat suplemen saja dalam pekerjaan, peraturan pekerjaan, penerangan, istirahat dan lain-lain sejenisnya.
c.Karyawan akan kecewa bila peluang untuk berprestasi terbatas. Mereka akan menjadi sensitif pada lingkungannya serta mulai mencari-cari kesalahan.
Herzberg menyatakan bahwa orang dalam melaksanakan pekerjaannya dipengaruhi oleh dua faktor yang merupakan kebutuhan, yaitu :
a)Maintenance Factors
Adalah faktor-faktor pemeliharaan yang berhubungan dengan hakikat insan yang ingin memperoleh ketentraman badaniah. Kebutuhan kesehatan ini merupakan kebutuhan yang berlangsung terus-menerus, karena kebutuhan ini akan kembali pada titik nol setelah dipenuhi.
b)Motivation Factors
Adalah faktor motivator yang menyangkut kebutuhan psikologis seseorang yaitu perasaan tepat dalam melaksanakan pekerjaan. Factor motivasi ini berhubungan dengan penghargaan terhadap pribadi yang berkaitan pribadi dengan pekerjaan.
Penerapan Teori Dua Faktor Herzberg Dalam Organisasi
Dalam kehidupan organisasi, pemahaman terhadap motivasi bagi setiap pemimpin sangat penting artinya, namun motivasi juga dirasakan sebagai sesuatu yang sulit. Hal ini dikemukakan oleh Wahjosumidjo (1994 : 173) sebagai berikut :
a.Motivasi sebagai suatu yang penting (important subject) karena peran pemimpin itu sendiri kaitannya dengan bawahan. Setiap pemimpin tidak boleh tidak harus bekerja gotong royong dan melalui orang lain atau bawahan, untuk itu dibutuhkan kemampuan menunjukkan motivasi kepada bawahan.
b.Motivasi sebagai suatu yang sulit (puzzling subject), karena motivasi sendiri tidak bisa diamati dan diukur secara pasti. Dan untuk mengamati dan mengukur motivasi berarti harus mengkaji lebih jauh perilaku bawahan. Di samping itu juga disebabkan adanya teori motivasi yang berbeda satu sama lain.
Untuk memahami motivasi karyawan digunakan teori motivasi dua arah yang dikemukakan oleh Herzberg:
Pertama, teori yang dikembangkan oleh Herzberg berlaku mikro yaitu untuk karyawan atau pegawai pemerintahan di tempat ia bekerja saja. Sementara teori motivasi Maslow misalnya berlaku makro yaitu untuk insan pada umumnya.
Kedua, teori Herzberg lebih eksplisit dari teori hierarki kebutuhan Maslow, khususnya mengenai relasi antara kebutuhan dengan performa pekerjaan. Teori ini dikemukakan oleh Frederick Herzberg tahun 1966 yang merupakan pengembangan dari teori hierarki kebutuhan menurut Maslow.
Teori Herzberg menunjukkan dua kontribusi penting bagi pimpinan organisasi dalam memotivasi karyawan. Pertama, teori ini lebih eksplisit dari teori hierarki kebutuhan Maslow, khususnya mengenai relasi antara kebutuhan dalam performa pekerjaan. Kedua, kerangka ini membangkitkan model aplikasi, pemerkayaan pekerjaan (Leidecker and Hall dalam Timpe, 1999 : 13).
Berdasarkan hasil penelitian terhadap akuntan dan mahir teknik Amerika Serikat dari aneka macam Industri, Herzberg membuatkan teori motivasi dua faktor (Cushway and Lodge, 1995 : 138). Menurut teori ini ada dua faktor yang mensugesti kondisi pekerjaan seseorang, yaitu faktor pemuas (motivation factor) yang disebut juga dengan satisfier atau intrinsic motivation dan faktor kesehatan (hygienes) yang juga disebut disatisfier atau ekstrinsic motivation.
Teori Herzberg ini melihat ada dua faktor yang mendorong karyawan termotivasi yaitu faktor intrinsik yaitu daya dorong yang timbul dari dalam diri masing-masing orang, dan faktor ekstrinsik yaitu daya dorong yang datang dari luar diri seseorang, terutama dari organisasi tempatnya bekerja.
Kaprikornus karyawan yang terdorong secara intrinsik akan menyenangi pekerjaan yang memungkinnya menggunakan kreativitas dan inovasinya, bekerja dengan tingkat otonomi yang tinggi dan tidak perlu diawasi dengan ketat. Kepuasan di sini tidak terutama dikaitkan dengan perolehan hal-hal yang bersifat materi. Sebaliknya, mereka yang lebih terdorong oleh faktor-faktor ekstrinsik cenderung melihat kepada apa yang diberikan oleh organisasi kepada mereka dan kinerjanya diarahkan kepada perolehan hal-hal yang diinginkannya dari organisasi (dalam Sondang, 2002 : 107).
Adapun yang merupakan faktor motivasi menurut Herzberg adalah: pekerjaan itu sendiri (the work it self), prestasi yang diraih (achievement), peluang untuk maju (advancement), legalisasi orang lain (ricognition), tanggung jawab (responsible).
Menurut Herzberg faktor hygienis/extrinsic factor tidak akan mendorong minat para pegawai untuk berforma baik, akan tetapi jikalau faktor-faktor ini dianggap tidak dapat memuaskan dalam aneka macam hal menyerupai gaji tidak memadai, kondisi kerja tidak menyenangkan, faktor-faktor itu dapat menjadi sumber ketidakpuasan potensial (Cushway & Lodge, 1995 : 139).
Sedangkan faktor motivation/intrinsic factor merupakan faktor yang mendorong semangat guna mencapai kinerja yang lebih tinggi. Kaprikornus pemuasan terhadap kebutuhan tingkat tinggi (faktor motivasi) lebih memungkinkan seseorang untuk berforma tinggi daripada pemuasan kebutuhan lebih rendah (hygienis) (Leidecker & Hall dalam Timpe, 1999 : 13).
Dari teori Herzberg tersebut, uang/gaji tidak dimasukkan sebagai faktor motivasi dan ini mendapat kritikan oleh para ahli. Pekerjaan kerah biru sering kali dilakukan oleh mereka bukan karena faktor intrinsik yang mereka peroleh dari pekerjaan itu, tetapi kerena pekerjaan itu dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka (Cushway & Lodge, 1995 : 139).
E.Teori Harapan dari Victor Vroom
Victor Vroom (1964) membuatkan sebuah teori motivasi berdasarkan kebutuhan internal, tiga asumsi pokok Vroom dari teorinya ialah sebagai berikut :
1.Setiap individu percaya bahwa bila ia berprilaku dengan cara tertentu, ia akan memperoleh hal tertentu. Ini disebut sebuah keinginan hasil (outcome expectancy) sebagai penilaian subjektif seseorang atas kemungkinan bahwa suatu hasil tertentu akan muncul dari tindakan orang tersebut.
2.Setiap hasil mempunyai nilai, atau daya tarik bagi orang tertentu. Ini disebut valensi (valence) sebagai nilai yang orang berikan kepada suatu hasil yang diharapkan.
3.Setiap hasil berkaitan dengan suatu persepsi mengenai seberapa sulit mencapai hasil tersebut. Ini disebut keinginan perjuangan (effort expectancy) sebagai kemungkinan bahwa perjuangan seseorang akan menghasilkan pencapaian suatu tujuan tertentu.
Motivasi dijelaskan dengan kombinasikan ketiga prinsip ini. Orang akan termotivasi bila ia percaya bahwa :
1.Suatu perilaku tertentu akan menghasilkan hasil tertentu
2.Hasil tersebut punya nilai positif baginya
3.Hasil tersebut dapat dicapai dengan perjuangan yang dilakukan seseorang
Dengan kata lain Motivasi, dalam teori keinginan ialah keputusan untuk mencurahkan usaha.
F.Teori Keadilan
Inti teori ini terletak pada pandangan bahwa insan terdorong untuk menghilangkan kesenjangan antara perjuangan yang dibuat bagi kepentingan organisasi dengan imbalan yang diterima. Artinya, apabila seorang pegawai mempunyai persepsi bahwa imbalan yang diterimanya tidak memadai, dua kemungkinan dapat terjadi, yaitu :
•Seorang akan berusaha memperoleh imbalan yang lebih besar
•Mengurangi intensitas perjuangan yang dibuat dalam melaksanakan peran yang menjadi tanggung jawabnya.
Dalam menumbuhkan suatu persepsi tertentu, seorang pegawai biasanya menggunakan empat macam hal sebagai pembanding, hal itu antara lain :
Harapannya wacana jumlah imbalan yang dianggapnya layak diterima berdasarkan kualifikasi pribadi, menyerupai pendidikan, keterampilan, sifat pekerjaan dan pengalamannya;
Imbalan yang diterima oleh orang lain dalam organisasi yang kualifikasi dan sifat pekerjaannya relatif sama dengan yang bersangkutan sendiri;
Imbalan yang diterima oleh pegawai lain di organisasi lain di daerah yang sama serta melaksanakan acara sejenis;
Peraturan perundang-undangan yang berlaku mengenai jumlah dan jenis imbalan yang pada nantinya akan menjadi hak dari para pegawai yang bersangkutan.
G.Reinforcement Theory ( B.F. Skinner)
Teori ini didasarkan atas “hukum pengaruh”
Tingkah laku dengan konsekuensi positif cenderung untuk diulang, sementara tingkah laku dengan konsekuensi negatif cenderung untuk tidak diulang.
Rangsangan yang didapat akan menjadikan atau memotivasi timbulnya respons dari seseorang yang selanjutnya akan menghasilkan suatu konsekuensi yang akan besar lengan berkuasa pada tindakan selanjutnya. Konsekuensi yang terjadi secara berkesinambungan akan menjadi suatu rangsangan yang perlu untuk direspons kembali dan menghasilkan konsekuensi lagi. Demikian seterusnya sehingga motivasi mereka akan tetap terjaga untuk menghasilkan hal-hal yang positif.
Ilmu perpustakaan Azas-Azas Manajemen
4/
5
Oleh
Unknown