Thursday, August 24, 2017

Perkembangan dunia perpustakaan

Perkembangan dunia perpustakaan sekarang ini semakin maju dengan pesat, hal ini merupakan akibat dari perkembangan dan kemajuan di bidang pengetahuan dan teknologi, sehingga permintaan informasi dari para pemakai jasa layanan semakin meningkat. Perpustakaan adalah pelayanan, pelayanan berarti kesibukan. Bahan perpustakaan sewaktu-waktu harus tersedia bagi mereka yang memerlukannya, baik di ruangan maupun di luar ruangan. Pemakaian bahan perpustakaan yang dinamis ini memerlukan kerja sama yang erat antar dosen, mahasiswa dan pustakawannya. Tidak ada perpustakaan jika tidak ada pelayanan, karena itu perpustakaan sebenarnya identik dengan pelayanan. Agar tanggap dengan kepentingan pembacanya, perpustakaan harus menyediakan bahan-bahan perpustakaan yang sewaktu-waktu diperlukan. Kegiatan penyediaan bahan perpustakaan inilah yang menjadi profesi seorang pustakawan. Penting atau tidaknya perpustakaan tergantung pada kemampuan untuk menyediakan bahan perpustakaan secara tepat dan akurat. Perpustakaan berfungsi sebagai sumber informasi, termasuk perpustakaan perguruan tinggi. Selain itu, perpustakaan perguruan tinggi juga berperan penting dalam menunjang program pendidikan pada umumnya, sesuai dengan kurikulum yang berlaku serta mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memanfaatkan sumber informasi itu dalam bentuk tercetak maupun terekam. Di samping itu juga dapat membantu tugas-tugas dosen dalam mengajar dan memperkaya ilmu pengetahuan. Pelayanan sirkulasi merupakan salah satu kegiatan operasional di perpustakaan dalam hal peminjaman buku dan materi lainnya. Kegiatan sirkulasi sering dianggap sebagai ujung tombak perpustakaan dalam memberikan jasa informasi, karena bagian sirkulasi ini yang pertama kali berhubungan dengan pemakai atau paling sering digunakan pemakai . Oleh karena itu peran kinerja staf bagian sirkulasi atau pustakawan akan sangat berpengaruh terhadap kinerja perpustakaan. Baik buruknya sebuah perpustakaan akan sangat ditentukan pada pelayanan sirkulasi. Menurut Martoatmojo betapa besar koleksi yang dimiliki oleh sebuah perpustakaan, tetapi kalau sirkulasi dan pemakaiannya tidak lancar, atau hanya sedikit saja yang memanfaatkannya, maka kecil sajalah arti perpustakaan tersebut. Akan tetapi sebaliknya, jika kegiatan yang dilakukan oleh bagian sirkulasi lancar dan aktif maka perpustakaan tersebut bisa dikatakan baik . Tugas atau kegiatan yang terdapat pada pelayanan sirkulasi antara lain, peminjaman, pengembalian, pemungutan denda, pendaftaran anggota, baca di tempat, penagihan, pembuatan statistik dan hubungan masyarakat . Bagian sirkulasi menyangkut masalah peredaran bahan-bahan yang dimiliki perpustakaan dengan para pemakainya. Sedangkan yang termasuk masalah peminjaman ialah bahan-bahan yang boleh dipinjam, jangka waktu peminjaman, jam buka perpustakaan, dan statistik untuk membuat laporan perpustakaan. Besarnya koleksi dan jumlah pemakai perpustakaan merupakan faktor yang penting dalam menentukan siapa saja yang boleh meminjam, jenis dan jumlah buku yang boleh dipinjam, serta lamanya jangka waktu peminjaman. Jenis bahan perpustakaan yang boleh dipinjam tidak hanya berupa buku-buku saja, ada pula yang meminjamkan majalah, pamflet atau bahan perpustakaan lainnya. Untuk melancarkan pekerjaan bagian sirkulasi ini perlu dibuatkan buku petunjuk yang memuat keterangan-keterangan mengenai : 1. Peraturan penggunaan bahan-bahan perpustakaan 2. Macam-macam bahan perpustakaan yang boleh dan tidak boleh dipinjam 3. Kebijaksanaan mengenai masalah “lewat waktu”, besar uang denda, penggantian buku-buku yang hilang atau rusak 4. Keterangan mengenai jam buka perpustakaan 5. Keterangan mengenai tanda-tanda pada bahan perpustakaan 6. Keterangan lain yang dianggap perlu untuk diketahui petugas bagian sirkulasi, petugas bagian lain atau para pembaca perpustakaan . Pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negri Jakarta merupakan, salah satu jenis pelayanan perpustakaan yang cukup banyak dimanfaatkan oleh mahasiswa menunjukkan adanya kegiatan sirkulasi di perpustakaan. Seperti halnya pendaftaran anggota baru, pengunjung perpustakaan, peminjam buku, buku yang dipinjamkan dan buku yang dibaca tempat. Berdasarkan pemikiran tersebut di atas, penulis tertarik untuk mempelajari dan melakukan penelitian terhadap kualitas pelayanan yang diberikan, hal ini untuk mengetahui sampai seberapa jauh tingkat kualitas pelayanan berdasarkan persepsi mahasiswa aktif jurusan ilmu perpustakaan di Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negri Jakarta. Menurut Sulistyo-Basuki pemakai perpustakaan adalah orang yang ditemuinya ketika orang tersebut memerlukan dokumen primer atau menghendaki penelusuran bibliografi . Yang dimaksud dengan pemakai di sini adalah mahasiswa karena sebagai pemakai utama pelayanan Perpustakaan, sedangkan unsur pemakai yang lain seperti dosen dan karyawan juga memanfaatkan jasa pelayanan perpustakaan. Selama ini perpustakaan Fakultas Adab masih digunakan sebagai tempat penelitian tentang perpustakaan, sehingga belum diketahui secara pasti tentang persepsi mahasiswa aktif jurusan ilmu perpustakaan terhadap pelayanan sirkulasi di perpustakaan Fakultas Adab. Hal inilah yang menjadikan motivasi bagi penulis untuk melakukan penelitian di Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negri Jakarta. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengambil judul : “Persepsi Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Terhadap Pelayanan Sirkulasi Perpustakaan Fakultas Adab dan Humnaiora UIN Jakarta”. B. Pembatasan dan Perumusan Masalah 1. Pembatasan Masalah Pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah tentang layanan di Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negeri Jakarta, dan dibatasi hanya pada layanan sirkulasi. 2. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka permasalahan yang dapat dirumuskan penulis adalah sebagai berikut : a. Apakah layanan sirkulasi di Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negeri Jakarta sudah memadai bagi pengguna? b. Bagaimana persepsi mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan terhadap pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negeri Jakarta ? c. Bagaimana peran pustakawan dalam memberikan pelayanan sirkulasi terhadap pengguna ? C. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1. Tujuan Penelitian Untuk memperjelas sasaran yang akan dicapai melalui penelitian sesuai dengan masalah yang telah dikemukakan di atas, maka tujuan penelitian ini adalah : a. Untuk mengetahui layanan apa saja yang diberikan kepada pengguna di perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negeri b. Untuk mengetahui persepsi pengguna terhadap layanan sirkulasi di Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negeri Jakarta c. Untuk mengetahui peran pustakawan dalam memberikan layanan sirkulasi di Perpustakaan Fakulatas Adab Universitas Islam Negeri Jakarta sudah memadai bagi para pengunjungnya. 2. Manfaat Penelitian Sebuah penelitian yang dilakukan diharapkan bisa memberikan manfaat baik bagi lembaga tempat penelitian, bagi kelompok masyarakat yang lebih luas, maupun bagi peneliti. Adapun penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat sebagai berikut: 1. Sebagai masukan bagi perpustakaan untuk meningkatkan pelayanan di perpustakaan agar menjadi lebih baik lagi khususnya pada layanan sirkulasi 2. Sebagai penambah ilmu pengetahuan dan wawsan bagi penulis tentang masalah dan topik yang diangkat dalam penelitian. D. Metode Penelitian 1. Jenis Penelitian Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriptif. sebagaimana menurut Sugiono, penelitian deskriptif dilakukan terhadap terhadap variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan antar variabel satu dengan variabel lainya. Menurut Eko Budiarto, penelitian deskriptif bertujuan menggambarkan secara sistematis dan akurat fakta dan krakteristik mengenai populasi atau mengenai bidang tertentu. 3. Pendekatan Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk melakukan pengukuran terhadap gejala yang ada pada saat penelitian dilakukan . 4. Subjek dan Objek Penelitian Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan sebagai pengguna jasa di Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negeri Jakarta, sedangkan objek penelitianya adalah persepsi pengguna terhadap layanan sirkulasi. 5. Populasi dan Sampling Yang dimaksud dengan populasi adalah seluruhan subyek penelitian, sedangkan sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti . Adapun yang dijadikan Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negeri Jakarta tahun 2006-2010 yang berjumlah 301 orang. Alasan pengambilan populasi ini karena penulis mengamati bahwa mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan, merupakan mahasiswa yang memahami permasalahan-permasalahan perpustakaan karna mereka telah dibekali materi-materi tentang ilmu perpustakaan. Sedangkan pengambilan sampelnya penulis mengambil 15% dari jumlah populasi sebagai sample. Jadi 301 x 15 % = 45.15, peneliti membulatkan menjadi 50. Inilah yang akan dijadikan sebagi sampel penelitian. Hal ini berdasarkan pendapat Arikunto yang menyatakan bahwa sekedar perkiraan maka apabila subyek lebih dari 100 orang dapat diambil antara 10-15% atau 20-25% atau sesuai dengan kemampuan peneliti. Untuk itu peneliti mengambil 15% dari populasi yang akan dijadikan sampel. 3. Teknik Pengumpulan Data Untuk mengumpulkan data yang relevan dalam kaitannya dengan kebutuhan penelitian, maka penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, angket dan studi literatur. 1. Observasi adalah pengamatan dan pencatatan dengan sistematika fenomena-fenomena yang diselidiki, penulis dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi aktif yaitu terlibat langsung dalam obyek yang diteliti. 2. Angket adalah suatu alat pengumpul informasi dengan cara menyampaikan sejumlah pertanyaan tertulis untuk dijawab secara tertulis pula . Dengan demikian angket adalah daftar pertanyaan yang diberikan kepada orang lain dengan maksud agar orang yang diberi tersebut bersedia memberikan respons sesuai dengan permintaan pengguna. Angket ini untuk mengungkap data-data yang berkaitan dalam penelitian dan tanggapan mahasisawa terhadap layanan sirkulasi. Angket ini ditujukan kepada anggota populasi yang telah dijadikan sebagai sampel penelitian. Dalam penelitian ini penyebaran Angket dilakukan secara tidak acak (Purposive Sampel). Dalam hal ini sampel yang dipilih berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tetentu. Sedangkana pertimbangan yang diambil itu berdasarkan tujuan penelitian . Maksudnya peneliti menyebarkan angket kepada responden yang sudah sudah ditentukan penulis ditemui ketika penelitian berlangsung serta bersedia untuk mengisi angket yang dibuat penulis. 3. Studi Pustaka (Library Reasech) dilakukan dengan mengumpulkan data-data dan informasi dari bahan-bahan bacaan dan bahan-bahan lainnya yang menunjang penelitian. E. Sistematika Penulisan Untuk mempermudah penyusunan skripsi ini penulis membagi pembahasan menjadi 5 bab dengan penggunaan Buku Panduan Penulisan Skripsi FEB-UIN Jakarta, dan masing-masing bab berisi beberapa bagian seperti yang digambarkan dibawah ini: BAB I PENDAHULUAN. Pada Bab ini berisi pendahuluan skripsi ini memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika penulisan. Latar belakang menguraikan secara umum perlunya penelitian ini dilakukan, apa yang akan diteliti dan alasan pemilihan obyek penelitian. Hal yang akan dibahas dalam bab ini adalah rumusan masalah yang merupakan bentuk pertanyaan yang akan dibahas dan dicari jawabannya melalui penelitian ini. Rumusan masalah ini mencerminkan inti dari apa yang akan dihasilkan dari penelitian ini secara akademis maupun praktis. BAB II TINJAUAN LITERATUR Pada bab ini berisi tentang pengertian perpustakaan perguruan tinggi, tugas dan fungsi perpustakaan perguruan tinggi, Tujuan, tugas dan fungsi perpustakaan, pengunjung/pengguna perpustakaan, pengertian layanan sirkulasi, tugas layanan sirkulasi, pengertian persepsi, ciri-ciri persepsi, pengukuran persepsi, sedangkan landasan teori merupakan teori-teori yang berkaitan dengan persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan sirkulasi yang akan dipakai untuk menganalisis data hasil penelitian. BAB III TINJAUAN UMUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI JAKARTA Pada bab ini membahas sejarah singkat berdirinya Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negeri Jakarta, Struktur organisasi, tenaga perpustakaan, visi dan misi, sistem dan jenis layanan, koleksi perpustakaan, gedung/ruang perlengakapan dan peraturan peminjaman. BAB IV HASIL PENELITIAN Dalam bab ini membahas hasil penelitian dan hasil penyebaran angket di Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negeri Jakarta. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN Pada bab ini berisi kesimpulan dari permasalahan yang diteliti dan menguraikan saran-saran untuk pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Fakultas Adab Universitas Islam Negri Jakarta yang diuraikan berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan.

Artikel Terkait

Perkembangan dunia perpustakaan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email